Graduate Development Program – PT Thiess Contractors Indonesia

Perburuan mencari pekerjaan dimulai. Pertengahan bulan Desember 2015, ketika saya berjalan di lorong kampus, tidak sengaja saya membaca lowongan pekerjaan yang ditempel di mading jurusan yaitu 2016 Graduate Development Program – PT Thiess Contractors Indonesia. Lowongan pekerjaan tersebut ditujukan untuk fresh graduate atau lulusan dengan pengalaman maksimum 2 tahun. Program ini dibuka untuk lulusan engineering (mechanical, electrical, mining, geodetics, geology, OHS (Occupational Health & Safety)), akutansi, dan hukum. Requirements-nya sesuai dengan kriteria saya yang kala itu menunggu waktu untuk wisuda. Oke lah tidak ada salahnya untuk apply.

Sekilas PT Thiess Contractors Indonesia

Sebelumnya saya memang kurang familiar dengan perusahaan ini. Setelah itu saya mencoba untuk mencari informasi lebih dalam seputar PT Thiess Contractors Indonesia. Ternyata Thiess Pty, Ltd., induk dari PT Thiess Contractors Indonesia, merupakan perusahaan multinasional di bawah Holding CIMIC Group yang memiliki headquarters di Sydney, Australia. Thiess Pty, ltd bergerak dalam bidang jasa pertambangan. Jasa pertambangan ini mencakup semua tahap inti dari pertambangan mulai dari pengembangan, ekstraksi, pemrosesan, hingga pemulihan. Untuk komoditas pertambangannya meliputi batu bara metalurgis dan thermal, bijih besi, tembaga, nikel, emas, berlian, dan pasir minyak. Nah, cabang perusahaan Thiess Pty, ltd yang beroperasi di Indonesia bernama PT Thiess Contractors Indonesia. Untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam dapat mengunjungi website PT Thiess di sini.

Graduate Development Program sendiri merupakan program MT yang diadakan PT Thiess Contractors Indonesia untuk mencetak future leader di bidang pertambangan.

Proses Seleksi

1. Administrasi

Dokumen yang diperlukan ialah :

  1. A personal statement letter in English with minimum 250 words, explaining why you enrolled into your discipline/major at university;
  2. CV and copy of national ID Card;
  3. A legalized copy of academic transcript;
  4. Related documents/certificates indicating your academic or non-academic achievements, including serving on campus/social event committee (if any).

Semua dokumen tersebut dikirim lewat email. Karena perusahaan ini merupakan perusahaan multinasional maka kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk bekerja di perusahaan ini. Semua dokumennya pun harus dalam bahasa Inggris.

Saya lupa tepatnya kapan, setelah mengumpulkan berkas 1-2 minggu kemudian saya ditelfon oleh Pihak Thiess untuk diwawancarai singkat seputar kesediaan untuk ditempatkan di remote area. Setelah itu mereka mengundang saya untuk menghadiri psikotes di jogjakarta

2. Written Test

Dengan bermodalkan kereta, saya pergi menuju Yogyakarta. Pertama kalinya setelah terakhir ke Yogyakarta di tahun 2007 sudah hampir 9 tahun tidak pergi ke kota ini. Sebelum turun dari kereta, saya bertemu dengan kakak kelas saya yaitu Mbak betha yang ternyata juga ikut seleksi PT Thiess juga. Saya bersama mbak betha dan ibunya bergegas mencari penginapan dekat UGM. Ternyata dunia begitu sempit, Saya bertemu 4 orang kakak kelas saya yang lain angkatan 2008 dan 2009. Waduh saya sendiri yang paling muda. Jadi jiper.

Keesokan harinya saya pergi ke hall perpustakaan Sekolah vokasi UGM. Pesertanya yang datang kurang lebih sekitar 100-200an. Tes ini bersistem gugur. Written test yang dilakukan ialah test psikologi (ada test pauli-nya). Sedikit cerita tentang test Pauli, test tersebut merupakan pertama kali-nya bagi saya. Cukup banget bikin pusing. Apalagi kalau ada orang yang nambah kertas, pasti jadi rada minder dan tertekan. Setelah test rangkaian test psikologi selesai, langsung diumumkan siapa yang lolos. Puji Tuhan saya lolos, sehingga siangnya mengerjakan technical test. Soal dari technical test ini sesuai dengan bidang masing-masing. Karena saya mengambil posisi GDP-Mechanical maka soalnya ya seputar teknik mesin. Soalnya pun essay. Saya agak lupa apa aja soalnya. Seingat saya, ada soal tentang menghitung gaya apung, pengertian VVTi, perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak, serta roda gigi. Alamak lupa-lupa inget. Ternyata kuliah di teknik mesin yang diingat hanya tugas akhir-nya saja hahaha.

3. FGD (Focus Group Discussion)

Setelah menunggu beberapa jam, pengumuman lolos ke tahap berikutnya diumumkan melalui email dan sms. Puji Tuhan saya lolos. Di email sih tertera problem analysis + presentasi, User & HRD Interview. Besoknya saya kembali lagi ke gedung tersebut untuk test tahap yang ke-3. Dari kandidat yang lolos akan dibentuk tim-tim untuk melaksanakan FGD. Kebetulan kelompok saya kebagian pukul 11.00. Ini merupakan pertama kalinya saya mengikuti FGD. FGD dilakukan dalam bahasa Inggris. Karena pengalaman pertama, saya cukup deg-degan dan nyerocos ga berhenti hahaha, parah dan egois banget. Oh iya, soal FGD nya tentang isu pembebasan lahan yang ada di pertambangan. Intinya, kita dikasih kertas kemudian dikasih waktu 10 menit untuk membaca dan menuliskan kesimpulan yang kita ambil. Setelah selesai baru berdiskusi dengan kelompok untuk diambil keputusan bersama.

Seperti hari kemarin, pengumuman diberitahukan lewat SMS dan email di sore hari. Nah berhubung kakak kelas saya banyak yang sudah kerja, jadinya mereka menunggu pengumuman baru berani memperpanjang penginapan lagi. Jadinya kita ber-4 nongkrong di KFC. Dan pengumuman yang ditunggu-tunggu tiba, puji Tuhan semua lolos. Memang Mesin Uber Alles!! Okay sayapun memperpanjang penginapan dan beristirahat.

4. Problem Analysis+Presentasi dan User+HRD Interview

Keesokan paginya, saya diberi sebuah case study dan disuruh mengerjakan dalam waktu satu jam (saya lupa tentang apa tapi intinya tentang kebijakan suatu perusahaan). Setelah itu saya menunggu jadwal untuk interview.

Pada Interview ini, saya mempresentasikan kesimpulan saya soal case study tersebut. Karena saya ini orangnya detail sampe ngomong ga berhenti-berhenti sampe user nya bilang okay. Jadi intinya apa … wkwkwk (maapin ya pak). Jadi tips nya keep it simple! 😉 . Karena saya fresh graduate hanya ditanyain seputar kuliah, pengalaman magang, kesediaan bekerja di remote area, ekspektasi kerja di Thiess, kalau kerja kotor-kotoran gimana. Puji Tuhan, puas banget keluar dari interview sepertinya User tertarik dengan saya. Apapun yang terjadi Let God do the rest.  Berdasarkan informasi dari HRD dan User, pengumuman akan diberitahukan melalui email dalam waktu 1-2 minggu. Kandidat yang lolos selanjutnya akan melakukan Medical Check-up sebelum kemudian Offering Letter.

Setelah 2 minggu berlalu, saya di-contact oleh kakak kelas saya tentang hasil pengumuman. Tetapi hingga saat itu belum ada email dari Thiess yang masuk sehinga saya berinisiatif untuk meng-contact mereka seputar hasil seleksi GDP. Dibalas sebulan kemudian seperti ini

Thiess email

 

Memang benar, Di tahun saya lulus, Dunia migas cukup diguncang. Salah satunya ialah menurunnya harga minyak dan komoditas sehingga mengakibakan banyaknya karyawan perusahaan migas di-layoff. Perusahaan migas pun tidak membuka rekruitmen Ternyata kejadian tersebut mempengaruhi penerimaan saya di Thiess yang disebabkan tidak stabilnya harga batubara. Cukup ribet ya. Mungkin memang belum jalannya. Setidaknya punya pengalaman rekruitmen hehehe. Puji Tuhan, apapun harus disyukuri. Stay positive!

Please share it:

Leave a Reply

Close Menu