Cara Membuat dan Memperpanjang Paspor Terbaru

Apa itu Paspor?  

Bagi yang ingin berpergian ke luar negeri pasti tidak asing dengan istilah paspor. Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Sedangkan visa adalah  dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara kepada seseorang untuk dapat diberikan izin masuk ke suatu negara yang mempunyai hubungan diplomatik dalam periode waktu dan tujuan tertentu. Paspor berlaku selama 5 tahun. Untuk penjelasan lebih detailnya dapat dibaca pada link berikut ini.

Langkah-langkah Pembuatan dan Perpanjangan Paspor 

1. Aplikasi Layanan Paspor Online

Saat ini, sistem pengurusan yang dilakukan bertransformasi menjadi sistem digital. Sistem tersebut bertujuan untuk mempermudah dan menghindari antrian yang membeludak serta adanya resiko praktek calo. Pertama-tama yang harus dilakukan ialah mendownload aplikasi antrian online yang tersedia di playstore.

Kemudian lakukan instalasi. Setelah selesai, buka aplikasi dan lakukan registrasi menggunakan google/facebook dan lengkapi biodata, klik daftar.

Setelah pendaftaran dan pengisian akun berhasil, selanjutnya pada beranda aplikasi, pilih menu antrian paspor. Pilih Kantor pengurusan imigrasi yang diinginkan. Kemudian isi jadwal dan data pemohon (bisa lebih dari 1 orang). Klik lanjut. (Pastikan semua data yang telah dimasukkan benar karena bila salah dan membatalkan permohonan, pengurusan paspor hanya bisa dilakukan 30 hari kemudian) Klik simpan.

Setelah selesai pembuatan permohonan, maka selanjutnya akan diberikan barcode yang akan digunakan saat proses pembuatan di kantor imigrasi yang dipilih

2. Kantor Imigrasi

Harap datang tepat waktu dan siapkan dokumen asli berikut ini beserta fotocopy A4-nya:

              • kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah keluar negeri;
              • kartu keluarga;
              • akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis;
              • surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
              • surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama; dan
              • Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa (untuk perpanjangan)

 

Kemudian anda akan diminta untuk mengisi form untuk keperluan pengurusan dokumen (pembuatan paspor baru dan perpanjangan berbeda). Setelah mengisi form tersebut, kemudian dokumen, form, dan barcode scan (bisa dibuka lewat aplikasi antrian) kepada petugas. Selanjutnya pengambilan foto dan interview.

3. Biaya Pembuatan Paspor

Setelah proses pembuatan selesai, untuk selanjutnya melakukan pembayaran. Biaya pembuatan paspor ialah sebagai berikut :

  • Paspor Biasa 48 Halaman : Rp 350.000,00
  • Paspor Elektronik 48 Halaman : Rp 650.000,00
  • Biaya Beban Paspor Rusak : Rp 500.000,00
  • Biaya Beban Paspor Hilang : Rp 1.000.000,00

Paspor dapat diambil setelah 3 hari kerja. Atau hubungi Kantor Imigrasi tempat anda mengurus (melalui Whatsapp).  Selain itu, untuk pengambilan paspor bisa diwakilkan oleh orang yang namanya tertera dalam kartu keluarga anda.

Please share it:

Leave a Reply

Close Menu