2nd SEAMEO Youth Leadership Forum

Puji Tuhan akhirnya selesai juga masa perkuliahan di kampus. Sembari menunggu wisuda yang akan diselenggarakan di bulan Maret 2016, saya coba cari event-event pengembangan diri. Berawal dari teman yang nge-like facebook page Southeast Asian Ministers of Education Organizations (SEAMEO) yang berujung pada kegiatan kepo, saya jadi penasaran organisasi apakah sih itu kok namanya cukup keren.

Tentang SEAMEO

Seperti yang dijelaskan pada website-nya, SEAMEO merupakan Organisasi Internasional yang didirikan pada tahun 1965 oleh pemerintah Negara di kawasan ASEAN yang berfokus pada kerjasama dalam bidang pendidikan, sains, dan budaya. Untuk lebih tahu informasi detail tentang organisasi dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dapat mengakses informasi pada link berikut.

SEAMEO-SPAFA ialah Southeast Asian Regional Centre for Archaeology and Fine Arts yang merupakan bagian dari SEAMEO yang berfokus pada kompetensi profesional, kesadaran, dan kelestarian bidang arkeologi dan seni rupa. untuk detail informasi organisasi dapat mengakses informasi pada link berikut.

Setelah kekepoan saya tentang organisasi tersebut, saya tertarik untuk mengikuti 2nd SEAMEO Youth Leadership Forum 2016 yang diselenggarakan oleh SEAMEO-SPAFA. Jadi event tersebut merupakan event kedua yang diselenggarakan setelah tahun 2014 di tempat yang sama yaitu di Bangkok, Thailand.

Pendaftaran

Program ini ditujukan untuk Mahasiswa/Recent Graduate yang berusia 18-24 tahun dari ASEAN+3 Countries (10 Negara ASEAN, Timor Leste, Japan, China, dan South Korea)

Dokumen yang harus di-submit ialah:

  1. CV
  2. Application Form
  3. Letter of Recommendation
  4. Academic Transcript
  5. Essay-assignment

Persyaratan yang harus di-submit relatif mudah untuk didapat. 2 minggu persiapan yang saya lakukan untuk memenuhi dokumen tersebut. Untungnya selama waktu menganggur, saya sudah membuat CV dalam bahasa Inggris. Untuk surat rekomendasi, di sini saya meminta rekomendasi dari Kajur (Ketua Jurusan). Sangat beruntung saya memiliki Pak Kajur yang baik hati, walaupun beliau sibuk tetapi mau untuk membuat surat rekomendasi untuk saya haha. Application Form berisi data pribadi dan pengalaman-pengalaman selama kuliah. Sedangkan untuk essay assignment terdapat 3 essay maksimal 250 kata tentang rencana setelah lulus kuliah, apa yang akan anda pelajari setelah forum, dan alasan mengapa pantas menjadi delegates.

Pengumpulan Berkas

Sebenernya ada pengalaman yg bikin males daftar di awal-awal pembukaan pendaftaran. Saat itu saya email panitia tentang informasi seputar kegiatan dan dibalas seperti ini. “We seek youths who are just starting off on their respective career paths, which will likely be those in their final year of college or those who have recently graduated. It appears, however, that you do not meet this requirement as a freshman.” Waduh belum apa-apa udah ditolak padahal saya bilangnya Last-year student, mungkin salah baca kali ya si Mr. Quincy (Project Manager acaranya). Tapi yasudahlah, sikat aja hehe.

Seperti kebanyakan orang pada umumnya, saya mengumpulkan berkas mepet-mepet deadline. Saat itu saya sedang tidak punya ide untuk menulis karena I have no clue about the future. Membutuhkan waktu seminggu untuk berpikir kira-kira apa yang akan saya tulis. Just be honest and realistic ;). Ternyata the power of kepepet itu nyata adanya. Jam 18.00 menuju lab kampus untuk menulis essay karena butuh ambience dan environment yang kondusif (bosen di rumah dan kebetulan lab sedang sepi). Tancap gas tapi ya rada galau antara ikut atau enggak sedangkan waktu menyisakan 6 jam tetapi essay masih semburat. Kegiatan yang saya lakukan di lab ialah mengetik dan menghapus essay, muter-muter dan cukup membuat otak panas haha. Akhirnya tepat tanggal 29 Januari 2016 pukul 23.45, berkas di-submit dan well, dapet konfirmasi dari panitia sudah well-received, fyuuuuh. Do the best, Let God do the rest ! Forget it and move on.

Pengumuman

Saat itu saya sedang berada di Jakarta untuk datang ke acara reuni internship di SCG dan mengikuti beberapa interview. Sebenarnya saya sudah lupa tentang program tersebut karena yang difokuskan ialah mencari kerja. Keingetan pun gara-gara status dari facebook page-nya SEAMEO yang menyatakan pengumuman diundur karena yang daftar membeludak. Beberapa hari kemudian buka facebook lagi, rada deg-degan. Dan puji Tuhan ada namaku dalam list peserta yang diterima. Tapi ya gitu, kok belum ada email dari panitia, yang bikin rada harap-harap cemas ternyata kelupaan nulis middle name (semoga aja ga ada orang dengan nama yang sama -,-). 2 hari galau itu aku bukan sih, dan kemudian ada email masuk dari panitia penyelenggara, legaaaaaa.

Dari panitia kita diminta untuk mengirimkan scan KTP & Paspor. Untuk tiket pesawat segala macemnya diurusin sama mereka. Kita tinggal duduk tenang nunggu jadwal keberangkatan, semuanya free :”). Rada ga percaya juga karena daftar event-event leadership di Indonesia bahkan di kampus ga ada yang tembus. Eh International fully-funded berhasil. Kalau bukan karena Tuhan sangat mustahil terpilih dari 1052 partisipan yang berasal dari 14 Negara. Dan tetiba baru sadar, hari pengumuman tersebut merupakan hari ulang tahunku. Kado dari Tuhan yang sungguh di luar pemikiran.

“Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” – 1 Korintus 2:9

Bangkok for 2nd time :’). Thank you Jesus.

Please share it:

This Post Has 2 Comments

  1. mantab bro sepertinya keren banget yah join disitu

    1. Iya bang, seru banget. Nanti akan aku tulis kegiatannya. Sukses terus bang! hehe

Leave a Reply

Close Menu